Sabtu, 01 Desember 2012

Mengenal Berbagai Macam Sistem Operasi Komputer

Mengenal Berbagai Macam Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer adalah software atau perangkat lunak yang menjadi dasar operasi sebuah komputer. Tanpa sistem operasi, program atau aplikasi komputer tidak dapat dijalankan. Sistem operasi komputer lah yang menjadi perantara antara perangkat komputer dan pemakai.


Microsoft Windows 7

Beberapa sistem operasi yang populer di dunia antara lain :
  • Windows : Sistem operasi Windows dikembangkan oleh Microsoft. Saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di tanah air. Sistem operasi ini adalah produk komersial, sehingga pemakai komputer harus membeli lisensi sebelum menggunakannya. Beberapa varian Windows di antaranya: Windows NT, Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2008, dan yang terbaru adalah Windows 7.
  • Unix : Merupakan sistem operasi tertua di dunia. Sistem operasi ini bahkan telah menjadi dasar pengembangan sistem operasi lain, misalnya System V, BSD, Mac OS, dan Linux.
  • Linux : Sistem operasi turunan Unix yang sangat populer karena dikembangkan secara gotong-royong dan bersifat gratis. Karena sifatnya terbuka atau Open Source, maka ada ratusan varian Linux, antara lain Debian, Ubuntu, Fedora, Slackware, dan Knoppix. Beberapa di antaranya juga dikemas menjadi produk komersial, misalnya SuSE dan Redhat.
  • Mac OS : Merupakan sistem operasi turunan Unix yang dikembangkan oleh Apple. Sama seperti Windows, Mac OS merupakan produk komersial. Umumnya sistem operasi ini dipaketkan ke dalam komputer produk Apple, yaitu Macintosh.



Artikel Terkait:


1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus

Terjemahkan