Sabtu, 01 Desember 2012

8 Makanan Sehat Demi Rambut Indah

8 Makanan Sehat Demi Rambut Indah

TEMPO.CO, Jakarta - Ketika seseorang ingin mendapat rambut indah, kebanyakan orang berpikir untuk perawatan dengan shampo dan conditioner mahal, atau pergi ke salon. Padahal, apapun yang digunakan tidak akan berhasil kalau masalahnya terdapat di bagian bawah kulit rambut kita.

Seorang ahli kulit, Parade Mirmiranid dari Vallejo, California berbagi cara untuk mengatasinya secara jauh lebih mudah dan murah. Yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat dan diet seimbang.

Berikut adalah beberapa bahan makanan yang dapat meningkatkan kesehatan rambut Anda:

1. Wortel
Selain baik untuk mata, vitamin A dari wortel juga penting untuk kesehatan kulit kepala. Dengan membiasakan minum segelas jus wortel saat sarapan, Anda akan segera melihat rambut Anda lebih kuat dan lebih padat.

2. Produk Susu
Yogurt, susu krim rendah lemak atau produk susu olahan adalah sumber mineral yang baik untuk rambut. Produk-produk itu mengandung kalsium, dan protein susu seperti kasein dan whey yang dapat menjaga kesehatan dan ketebalan rambut.

3. Gandum
Produk gandum dalam sereal atau roti dapat Anda konsumsi saat sarapan. Gandum dapat menyuburkan rambut Anda dengan vitamin B dan zat besi. Gandum juga akan memberikan anda nutrisi penting lainnya.

4. Ayam dan Kalkun
Daging unggas ini dapat memberikan protein berkualitas tinggi dan zat besi untuk Anda yang mendambakan rambut panjang.

5. Buah-Buahan Kering
Kenari adalah sumber omega-3 yang mengandung asam lemak dan asam alfa linolenat yang dapat melembutkan rambut. Kacang Brazil adalah sumber selenium yang baik untuk kulit kepala. Buah kering lain seperti almond, kemiri dan kacang mete juga merupakan sumber zat besi yang dapat menguatkan rambut Anda.

6. Kacang-Kacangan
Kacang lentil, kacang merah dan kacang polong mengandung biotin, zat besi, dan protein yang dapat membuat rambutmu kuat dan sehat. Baltner of American Dietetic Association menyarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan minimal tiga cangkir kacang dalam seminggu demi mendapat kondisi kesehatan rambut yang baik.

7. Sayur-Sayuran
Lobak, brokoli dan sayuran hijau merupakan sumber yang banyak mengandung vitamin A dan C. Vitamin ini dapat meningkatkan kelembapan alami rambut Anda.

8. Ikan
Salmon adalah salah satu jenis ikan yang cukup berkualitas. Ikan ini memiliki protein berkualitas tinggi seperti omega 3 dan zat besi serta vitamin B-12. Zat ini tentu saja sangat penting untuk kesehatan kulit kepala Anda.



Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terjemahkan