Sabtu, 01 Desember 2012

Mengenal Jenis Pemrograman Web Client Side

Mengenal Jenis Pemrograman Web Client Side

Selain dikenal teknik dan script atau bahasa pemrograman yang bersifat server-side (silakan baca posting sebelumnya), terdapat juga script atau bahasa pemrograman yang bersifat client-side. Pengertian pemrograman client-side adalah metode pembuatan aplikasi yang memungkinkan pemrosesan dilakukan di sisi client (komputer pengguna), jadi kebalikan dari server-side.

Program Client Side

Beberapa jenis script/bahasa pemrograman yang termasuk dalam kategori ini, yaitu:
  • JavaScript, merupakan script client-side terpopuler untuk membuat aplikasi web yang dinamis dan bisa dijalankan di berbagai piranti, pertama dikenalkan oleh Netscape dan sekarang dikembangkan oleh Mozilla Foundation.
  • Asynchronous JavaScript and XML (Ajax), metode baru dalam penggunaan JavaScript dengan menggabungkannya bersama bahasa pemrograman lainnya.
  • jQuery, merupakan pustaka JavaScript lintas browser yang didesain untuk menyederhanakan dan mempercepat script client-side.
  • Adobe Flash Player atau Flash, merupakan plugin untuk web browser yang dikembangkan Adobe, digunakan untuk menjalankan animasi dan pemutar video.
  • Microsoft Silverlight, merupakan plugin untuk web browser yang dibuat Microsoft, yang bisa digunakan untuk menjalankan animasi, citra vector grafis, dan pemutar video.
  • HTML5 dan CSS3, merupakan kombinasi standar HTML dan CSS terbaru yang mendukung fungsionalitas script client-lain seperti Flash dan Silverlight.
<p>Your browser does not support iframes.</p>



Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terjemahkan