Sabtu, 08 Desember 2012

Cara Ampuh Menjaga Komputer dari Virus



Apakah komputer anda sering terserang virus? Sering kali kita merasa jengkel karena komputer kesayangan kita rusak dan harus di install ulang, kerap kali hal ini terjadi diakibatkan oleh ulahnya si tangan jahil yang tak bertanggung jawab, mengutak ngatik, mengobok obok isi perut harddisk kita. Dan akibat dari perbuatannya itu banyak terjadi perubahan bahkan kerusakan pada system komputer, yang membuat komputer kita berjalan tidak normal.
1. Email adalah salah satu cara umum yang digunakan komputer Anda dapat terserang virus. Sehingga selalu disarankan untuk menjauh dari SPAM. Buka email hanya mereka yang memiliki asal itu dari sumber yang terpercaya seperti yang berasal dari daftar kontak Anda. Jika Anda menggunakan email pribadi Anda sendiri host (selain gmail, yahoo, hotmail dll) maka sangat dianjurkan agar Anda menggunakan baik perangkat lunak anti-spam. Dan akhirnya jangan pernah mengklik link apapun dalam email yang berasal dari sumber yang tidak dipercaya.
2. USB flashdisk / pen drive adalah salah satu cara umum yang digunakan virus menyebar dengan cepat. Jadi, selalu lakukan kebiasaan yang baik untuk melakukan scan virus sebelum mengcopy data apapun ke komputer Anda. Jangan pernah double klik FLASHDISK untuk membukanya. Lebih baik lakukan klik kanan dan pilih opsi “open”. Ini adalah cara yang aman untuk membuka flashdisk.
3. Hati-hati tentang menggunakan MS Outlook. Pandangan yang lebih rentan terhadap worm dibandingkan program e-mail lainnya, kecuali jika Anda telah menginstall program Anti-Virus. Gunakan Pegasus atau Thunderbird (oleh Mozilla), atau program berbasis web seperti Hotmail atau Yahoo (Di Firefox).
4. Seperti kita semua tahu, Internet adalah sumber utama dari semua program berbahaya termasuk virus, worm, trojan dll Bahkan internet memberikan kontribusi terhadap infeksi virus hingga 80%. Jadi di sini adalah tips untuk kebiasaan surfing aman sehingga Anda dapat menangkis infeksi virus sampai tingkat maksimum.
Jangan klik jendela pop-up yang mengumumkan bencana tiba-tiba di kota Anda atau mengumumkan bahwa Anda telah memenangkan hadiah per jam. Itu adalah cara untuk menyesatkan pengguna internet dan Anda tidak boleh mempercayai mereka.
Anda juga dapat menggunakan pop-up yang secara otomatis memblokir pop-up.
5. Sebagian besar dari kita menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan apa yang kita cari. Hal ini cukup jelas untuk sebuah situs jahat untuk masuk dalam daftar hasil pencarian. Jadi untuk menghindari orang-orang mengunjungi situs-situs berbahaya tidak terpercaya, Anda dapat men-download dan menginstal AVG LinkScanner yang merupakan freeware. Alat ini bisa menjadi sangat berguna dan akan membantu Anda untuk menjauhi situs-situs berbahaya.
6. Menginstal perangkat lunak antivirus yang baik dan tetap diperbarui. Juga melakukan pemindaian sistem penuh secara berkala. Hal ini sangat disarankan agar Anda mengaktifkan fitur update otomatis. Ini adalah tugas yang paling penting untuk melindungi PC Anda dari virues. Jika keamanan PC adalah pilihan pertama Anda maka disarankan bahwa Anda pergi untuk shareware perangkat lunak antivirus yang gratis seperti di atas. Sebagian besar antivirus mendukung fitur Auto-Protect realtime yang menyediakan keamanan untuk PC Anda. Pastikan bahwa fitur ini diaktifkan.
7. Menginstal sebuah Antispyware, program yang mengoperasikan internet melawan malware dan spyware.
8. Pernah membuka lampiran email yang berasal dari sumber yang tidak dipercaya. Jika itu adalah gambar, teks atau file suara (lampiran ini berakhir dalam ekstensi. Txt,. Jpeg,. Gif,. Bmp,. Tif,. Mp3,. Htm,. Html, dan. Avi), Anda mungkin aman , tapi masih melakukan scan sebelum pembukaan.
9. Jangan gunakan disk orang lain, bahkan dari tempat kerja. Disk dapat terinfeksi virus. Tentu saja, Anda dapat menjalankan scan virus terlebih dahulu untuk mengeceknya.
10. Set up Windows Update untuk secara otomatis men-download patch dan upgrade. Hal ini akan memungkinkan komputer Anda untuk secara otomatis mendownload update untuk kedua sistem operasi dan Internet Explorer. Pembaruan ini memperbaiki lubang keamanan di kedua buah perangkat lunak.
11. Meskipun Anda men-download file dari situs terpercaya / sumber seperti torrent, warez dll pastikan bahwa Anda menjalankan scan virus sebelum mengeksekusi mereka.
12. Dan akhirnya tidak dianjurkan untuk mengunjungi situs-situs yang menampilkan ilegal / barang-barang yang tidak diinginkan seperti patch,serials, warez dan lain-lain karena mereka menyumbang banyak dalam penyebaran virus dan program berbahaya lainnya.

Sumber: lughot.blogspot.com




Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terjemahkan