Sabtu, 01 Desember 2012

Pola diet yang baik dan sehat

Pola diet yang ideal

Bookmark and Share
Pola diet yang ideal adalah pola diet yang tak hanya menyediakan nutrisi serta vitamin bagi kecantikan dan kesehatan badan. Untuk menghasilkan bentuk tubuh yang ideal serta menghasilkan kecantikan alami, perhatikan nutrisi serta vitamin yang Anda konsumsi. Usahakan mengkonsumsi sesuai dengan takaran yang ada, jangan sampai melebihi batas.


Vitamin A atau Beta Carotene
Vitamin A sangat penting bagi kesehatan rambut serta mata. Selain itu juga berguna bagi pencegahan dan penyembuhan infeksi kulit. Vitamin A dapat mencegah timbulnya jerawat, ketombe, serta meminimalisasikan kondisi kering pada kulit. Vitamin A diperlukan untuk kelancaran peredaran darah yang sangat bermanfaat untuk kecantikan rambut Anda. Peredaran darah yang lancar akan membuat rambut Anda terlihat lebih bercahaya.

Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan kulit kering serta mudah keriput, kulit menjadi kasar atau mudah bersisik, jerawat, rambut kering serta berketombe, kuku dan kulit mudah terkelupas, dan kelelahan pada mata. Untuk mengatasinya, gunakan sumber-sumber bahan makanan alami, seperti wortel, pepaya, sayur-sayuran berwarna hijau, telur, tomat, dan minyak ikan.

Vitamin B Kompleks
Vitamin B berfungsi untuk merawat kecantikan kulit agar tetap terlihat bersih serta bercahaya. Vitamin B juga mampu membuat Anda tampak jauh lebih awet muda dari usia semestinya serta mencegah tumbuhnya uban di rambut Anda. Vitamin B ini penting bagi kesehatan kulit, rambut, serta mata. Sebuah studi menyebutkan adanya 40% penderita radang kulit karena disebabkan kekurangan Vitamin B.

Dampak lain akibat kekurangan Vitamin B adalah kondisi rambut berminyak, timbulnya ketombe, kulit kering dan bersisik, bibir pecah-pecah, pertumbuhan rambut buruk, timbulnya uban, serta mudah terserang peradangan di daerah hidung dan mulut. Sumber bahan makanan alami yang banyak mengandung Vitamin B adalah sereal yang terbuat dari gandum, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, daging, serta ragi.

Vitamin C
Vitamin C berhubungan dengan protein. Vitamin ini sangat penting bagi pemproduksian collagen. Sedangkan collagen ini berfungsi sebagai zat perekat kulit agar senantiasa terlihat kencang. Vitamin C juga berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kering, menjaga kulit tidak mudah keriput, menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah patah, menjaga kesehatan serta kemilau rambut, menjaga kesehatan mata dan gigi.

Vitamin C sangat penting bagi kesehatan rambut mata serta gigi karena dapat mengurangi serta mengatasi terjadinya infeksi. Sumber alami Vitamin C ini dapat ditemukan di dalam kandungan sayuran berwarna hijau, brokoli, kubis, paprika hijau, tomat, lemon, jeruk, anggur, kiwi, stroberi.

Vitamin D
Vitamin D memiliki peranan yang sama pentingnya dengan fosfor dan kalsium bagi kesehatan gigi, tulang serta kuku. Vitamin D juga turut membantu perawatan kesehatan mata, kulit, dan gigi. Kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan gigi. Sumber alami yang banyak mengandung Vitamin D adalah sinar matahari, susu, hati sapi, ikan salmon, ikan tuna, serta minyak ikan.

Vitamin E
Vitamin E memberikan kontribusi bagi kesehatan otot serta jaringan tubuh. Vitamin E ini dapat dimanfaatkan untuk memperlambat penuaan dini yang kerap melanda perempuan di usia 30-an. Vitamin E juga berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kusam ataupun rambut mudah rontok dan berketombe.

Sejumlah penelitian menunjukkan adanya khasiat Vitamin E bagi pencegahan penuaan dini jika dikonsumsi dalam dosis besar. Namun, jika Anda memiliki penyakit gula, tekanan darah tinggi, radang thyroid, sebaiknya konsultasikan lebih dulu pada ahli gizi atau dokter tentang dosis yang tepat agar tidak terjadi komplikasi.


Materi Pelajaran Terkait:

kecantikan http://healthiskesehatan.blogspot.com/2011/06/pola-diet-yang-ideal.html



Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terjemahkan