Rabu, 03 Oktober 2012

Naskah Drama "Persahabatan Mahal Harganya"

Naskah Drama "Persahabatan Mahal Harganya" PERSAHABATAN MAHAL HARGANNYA
PEMAIN • Dinny Anggraini ( Dini ) • Lamria Raya FB ( Ria ) • Dwi Ayu Lita ( Lita ) • Irnawati .M ( Irna ) • Nur Azhari Rachmadani ( Dani ) • Siska Pratiwi ( Dokter ) LATAR Di kantin sekolah yang sepi, dengan pohon yang rindang, dan angin yang sepoi-sepoi menyapu rambut Ria, Lita, Wati,dan Nur, 5 sahabat yang selalu terlihat kompak satu sama lainnya tetapi kurang 1. Mereka sedang duduk dikantin sambil berbincang-bincang. Kemudian datang Dini menghampiri mereka ber empat. Dini : Eh ngapain loe semua kekantin, koc nggak ngajak-ngajak sih? Ria : Gimana mau ngajak orang loe sendiri lagi asyik ngobrol di telpon! Ma sapa sich?? Cerita-cerita dunk kalau punya gebetan baru? Dani : Ia nich mentang-mentang punya gebetan baru jadi sombong? Udah jarang-jarang ngumpul sama kita-kita. Irna : Eh udah jangan kebanyakan nyalahin Anggi! Kasian tuch mukanya udah melas gitu? Dini : Enak aja muka w melas!! Muka loe semua tuch yang kusut kaya baju belom disetrika. So loe pasti pada penasarankan ngedengerin cerita w? Ria : Udah tau kita pada penasaran yaudah dech cepetan kasih tau kita? Dini : W nggak mau cerita dulu ah… Dani : Mau bikin kita mati penasarannya? Dini : Bukan gitu ,, liat tuch Nur sama Lita kerjaannya narsis mulu !!! Foto-foto mulu dari tadi ,, w sih nggak papa tapi kasian di handphonenya pasti langsung rusak … Dani : Eh sialan lue pada … Orang muka cakep-cakep gini !!! Lita : Kecuali kalau yang di foto itu muka loe nggi ,, pasti nich handphone langsung kita bawa ketukang service handphone? Dini : Ah dasar loe berdua emang klop ,, kalau lagi akur aja cooperative banget, tapi kalau nggak berntem ala tom and jerry mah lewat … Ria : Udah tahu nggak sabaran,, (bersungut-sungut sambil tampang muka BT) Irna : Udah dech jadi pada berantem gini .. Tiwi, Lita udahan dunk narsisnya pengen dengerin nggak sich ceritanya Anggi !! Liat tuch Ria sama Nur udah nggak sabaran,, ngoceh-ngoceh nggak jelas gitu dech !! ( Disaat mereka sedang asyik bersendau gurau, tiba – tiba bel sekolah berbunyi menandakan waktu istirahat sudah habis.) (Rekaman) Guru :(Bel berbunyi :Tetttttttt ...) waktu istirahat sudah habis ,,, harap semuanya masuk ke kelas masing-masing !! jangan ada yang berkeliaran dilapangan maupun dikantin. Sekian dan terimakasih. Dini : Yach udah bel ntar aja ceritannya kita lanjutin … Mendingan masuk! loe taukan sekarang pelajaran siapa?? Lita : Oh yach sekarangkan pelajaran Pkn,, mana w belum ngerjain PR di LKS lagi ,, Kalu gitu mendingan kita cepetan masuk daripada ntar w kena omelan ?? Masih sempet nyalin nggak yach? Dini : Makanya jangan narsis melulu?? Ria : Makannya sich enakan ditraktir.. yach nggak?? BABAK II (Saat jam pelajaran kosong, Ria,Lita,Anggi,Wati,dan Nur sedang berbincang – bincang untuk mendengarkan cerita Anggi.) Ria : Ngi, katanya tadi lo mau cerita. Ya udah cepetan ceritany kelamaan !! Lita : Eh ntar dulu?? Dini : Kenapa? Udah nggak penasaran lagi sama cerita w? Lita : Bukan? Liat tuch mukanya Wati kenapa tiba-tiba pucet gitu? Dini : Oh yach? Wat loe kenapa? Sakit yach ,, Lita : Yaiyalah pasti,, liat mukanya ajah udah pengen pingsan ! mending kita turun terus bawa kerumah sakit? Irna : W nggak kenapa-napa koc cumah nggak enak badan aja? W cuma butuh istirah!! Ria : Gimana nggak kenapa-napa ?? Irna : Iya,gw nggak kenapa – napa kok. Lo lanjutin aja ceritanya,Ngi Dini : Ok kalau gitu. Gw akan cerita,so gw harap semuanya mendengarkan cerita gw iaaa.. ( Disaat Anggi ingin bercerita,tiba – tiba bel sekolah berbunyi kembali menandakam pelajaran telah usai. Akhirnya mereka pun bersepakat untuk pulang.) Dini : ya udah bel,padahal baru gw mau cerita. Huh (dengan muka kesel) Ria : Eh gimana kalau ceritanya dihum gw aja,,sekalian dah lama kan gag ke hum gw. Lita : ya udah,gw juga dah lama gag makan gratis nhe.. hha (sambil tertawa) Dini : ah lo emang maunya yang gratisan! Gw si ok2 aja. Klo lo gimana? Irna : ya udah gw ikut,tapi pulangnya jangan kemalaman iaaa Ria : ya udah cabut yuk… (Diperjalanan mereka menuju rumah Ria. Tiba-tiba Irna pingsan. Dini,Lita,dan Ria pun terkejut melihat Irna.) Ria : Eh,,ini kenapa Irna. Kok bisa pingsan (sambil menapah Irna.) Dini : Lita,Nur cepet stopin taxi !! Lita : Sekarang ? Dini :Gag besok!! Ya sekarang lah!! Dani : Eh udah dech cepetan panas tau! Ria : Udah dech gw aja,dah begini amsih aja berdebat. ( Setelah beberapa saat menunggu. Taxi pun datang, dan mereka langsung membawa Irna ke rumah sakit.) Ria : Eh, itu taxinya udah datang,, Dani : ya udah kita angkat sekarang. (Mengangkat Irna) (Akhirnya Irna dibawa dengan taxi ke RS dan setelah diperiksa dokter,, dokter keluar dan bertanya siapa keluarganya ??) Lita : Dok kita semua sahabatnya? Dokter : Orang Tua nya kemana? Lita : Kita semua udah menghubungi mereka dok,, tetapi nihil? Dini : Mang kenapa Dok? Irna memang sakit apa dok? Dokter : Irna harus direhabilitasi karena dari hasil lab menyatakan bahwa saudara Irna mengkonsumsi obat-obatan terlarang jenis Ekstesi dan itu lumayan berbahaya!! Karena bisa menyebabkan ketergantungan juga. Dini : Nggak mungkin dok ,, nggak mungkin ,, Irna itu sahabat kita yang paling menentang banget adanya obat-obatan terlarang kaya gitu dok!! Dokter : Saya nggak tau tapi dari hasil urin menyatakan Irna memang pemakai obat-obatan terlarang tersebut! Kalau begitu silakan kalian urus administrasinya dikasir dan sebisa mungkin beritahu keluarganya? Dani : Baik dok ,, kita semua akan menghubungi orang tuanya? Tetapi apa kami boleh masuk untuk melihat keadaannya dok? Dokter : Silakan, tetapi jangan lama-lama karena pasien harus banyak-banyak istirahat. Kalau begitu saya tinggal dulu! Dani : Baik dok? (Setelah Lita, Dani, Ria, dan Dini masuk kedalam,, semua diam membisu melihat keadaan Irna yang sangat pucat dan sepertinya Irna sedang menahan sakit yang sang hebat. Karena semua diam akhirnya Dini mulai angkat bicara.) Dini : Na,, kalau loe emang sedang punya masalah, seharusnya loe cerita sama kita-kita… pasti kita bantuin koc? Irna : Loe bilang w harus cerita kalau w punya masalah, seharusnya loe mikir dong? Kenapa sich kalian nggak pernah peka atau pengertian sama w? Ria : Kita semua ngertiin loe koc? Dani : Emang apa sih salah kita wat? Irna : Salah kalian adalah kalian selalu saja pengen tau tentang Dini, kenapa dia seneng? kenapa sedih? Hidup Dini perfect. Dulu kalian pasti pengen tau tetapi apa sekarang kalian berubah? apa kalian tahu orang tua w udah mau cerai karena mereka sama-sama selingkuh. Dini : Maafin gw Na,, w nggak pernah bermaksud mengambil perhatian mereka semua kaya begitu ?? Irna : Tapi loe udah ngambil semuanya? Apa loe sengaja negelakuin ini semua? Apa loe nggak nyadar setelah loe masuk jadi kelompok w loe ngambil alih semua tempat w? Loe selalu jadi pendengar mereka dan tempat solusi yang tapat dan loe selalu punya cerita yang membuat mereka penasaran. Tetapi ada satu lagi loe sekarang yang jadi leader ( Pemimpin ) di kelompok ini!! Ngerti loe? Mendingan loe pergi dari sini dan jangan pernah anggap w sahabat lagi dan buat kalian terserah kalian mau pilih w atau Dini? (Rekaman lagu OH .., TEGANNYA) Dini : Nggak Na, biar w aja yang mundur mereka lebih dulu sahabatan+- sama loe ketimbang w jadi mending w aja yang mundur? Ok kalau begitu,, w keluar dulu semuanya w pamit! Semoga cepat sembuhnya Na? Irna : (Dengan membuang muka, Irna berkata) Gw nggak butuh doa loe karena semakin loe doain w semakin lama w di RS ini. Ngerti loe? (Dini pun pergi meninggalkan Irna dan menunggu yang lain diruang tunggu RS) (Mereka pun bersepakat untuk meninggalkan Irna. Karena mereka mengerti Irnaharus banyak istirahat dan sedang tidak ingin diganggu,apalagi dengan masalah yang sedang menimpa Irna. Mereka pun bersepakat untuk pulang.) Ria : Ok. Kalau lo emang lagi mau sendiri. Kita ngerti mungkin ini berat buat lo. Tapi 1 yang perlu lo ingat , gw dan yang lainnya selalu ada buat lo. Kita semua sayang sama lo. Jadi kalau lo ada masalah plz cerita sama kita. Kita berusaha buat bantu kok. Dini : Iya..Maaf kalau selama ini lo mikir begitu, Tapi asli gw gag ada niatan buat bg2. Lita : Cepat sembuh yaa. Dini : Kita pulang dulu yaa ,Na. ( Sesampai di rumahnya Ria,Dini merasa bersalah kepada Irna. Ia terus menerus merenung apa yang dikatakan oleh Irna tadi.) Dini : Gw benar2 gag enak sama Irna nhe. Apa yang dibilang Irna itu benar ya? Ria : kalau gw boleh jujur , yang dibilang dia ada benernya juga. Karena gw sadar selama ini kita jarang bahkan gag pernah buat care sama dy. Apa lagi untuk Tanya dy lg knp aja,kita sering gag peduli Lita : iya tau, kita selalu ngeledekin dy. Kasihan tau Wati. Dy mesti mendam masalahnya sendirian. Dani : gw setuju, apa lagi selama ini setia bgt tuch dengerin curhat2 kita. Tapi kitanya boro2,yang ada cuman ngeledekin dy aja semenjak ada loe.* Dini : Iya gw juga ngerasa gag enak nhe. Lita : padahal kan arti sahabat kan saling ngedukung satu sama lain. Kayak lagunya Nidji Yang judulnya “Arti Sahabat.” Dengerin dech. ( mereka mendengarkan lagu Nidji “Arti Sahabat” ) Ria : Iya benar banget tuch,, besok kan Irna dah pulang dari Rehabilitasi. Gimana Kalau kita minta maaf sama Irna. Dini : Iya udah,, gw gag mau persahabatan kita hancur cuman karena kegoisan gw aja. Dani : gw juga gag mau Irna malah tambah sakit gara2 mikirin masalah ini. Lita : Horee,, akhirnya kita baikan lagi…hhe (2 bulan kemudian, Wati keluar dari tempat Rehabilitasi di Jakarta. Dan kembli masuk sekolah. Tetapi saat itu Lita, Dani, Ria belum ada yang datang. Tetapi ada amplop diatas mejanya? Wati : Merobek amplop dan mulai membacanya (Rekaman surat dari Dini) Dari Anggi untuk Irna sahabat terbaik w Mungkin loe memang nggak mau ngobrol dengan w, tetapi apa loe juga nggak mau membaca surat w ini. W membuatkan loe sebait puisi memang ini bukan puisi yang dari seorang penulis yang tekenal tetapi ini hanylah coretan-coretan tinta yang sangat berharga untuk w buat loe Irna sahabat terbaik w. Persahabatan itu ibarat tanaman ia pun harus Diprlihara,disiram & dipupuki Persahabatan juga sama Membutuhkan saling mengerti, Tolong-menolong, & keterbukaan Pujilah ia dikala ia berprestasi Bantulah disaat ia kesulitan Hapuslah air matanya waktu ia sedih Sehingga kita bisa tertawa Dan bahagia bersama-sama Walaupun kita tidak pernah Mengetahui kapan datangnya itu semua Mungkin w nggak bisa ngsih apa yang w tulis ini tetapi w harap loe mau maafin w. Karena itu aja sudah lebih dari cukup dan w nggak akan pernah minta loe buat jadi sahabat w lagi. Tetapi kalau loe sudah baca surat w ini dan mau maafin w, loe akan w tunggu dikantin sekolah mau kan? Aku mohon sama loe berikan aku sedikit ucapan atau 3 kata “W MAAFIN LOE” itu saja udah cukup koc? (Rekaman lagu TERBAIK UNTUKMU) Dini : (Melamun, memikirkan Wati sambil bergumam dengan lirih) apakah Wati akan menerima maafnya setelah apa yang tejadi?\ Irna : (Tetapi tampa disadari Irna.. kaki, pikiran, dan hatinya bergerak menuju kekantin. Dan dengan tampa disadari Wati juga... Wati memeluk Anggi dengan erat dan berkata ) Anggi maafin w karena terlalu egois dan iri sama loe? Padahal nggak seharusnya w kaya begitu!! Dini : W maafin loe koc, malah seharusnya w kan yang minta maaf karena w yang duluan salah. Udah ngambil posisi loe, tetapi beneran w ngelkuin itu tampa sengaja koc? Irna : Sekali lagi maafin w yach,, w sayang sama banget sama loe dan satu lagi kalau loe emang bener-bener pengen maaf dari w ada 1 syarat lagi, mau g? Dini : Sambil melepaskan pelukannya, Anggi berkata apaan lagi? Tetapi jangan yang mahal-mahalnya? Irna : Mahallah, tetapi w yakin loe pasti sanggup? Dini : Paan? Irna : W pengen loe jadi sahabat terbaik w, gimana? Dini : Ah kalau itu sih nggak mahal lagi, tampa loe jadiin itu syarat w juga mau koc jadi sahabat terbaik loe? Irna : Asal loe tau? Sahabat itu mahal harganya karena w yakin yang jadi sahabat loe pasti beruntung banget karena jadi sahabat loe itu mahal harganya? Dini : Bisa ditawar koc kalau loe yang beli? Lita : Kalau begitu kita ikut nawar hagra juga deh, soalnya kita kan juga pengen jadi sahabat kalian? Dani & Ria : Eh emang tiwi sama Lita aja kita berdua juga pengen bareng kali jadi sahabat kaian? Dini : Wat kayanya banyak nich gim,ana kalau satu orang Rp. 100.000 lumayan buat belanja? Irna : bener juga? Dani & Lita : Enak aja !! Irna : Ih ngomongnya kompak ntar anaknya kembar siam semua loe? Dini : Yaudah sekarang berarti kita temenan lagi nich? Mendingan sekarang kita janji? Akan selalu tebuka, jujur dan saling menolong apaun masalahnya. Tetapi kita juga akan menghormati adanya rahasia atau seenggaknya privasi lah soalnya asal loe tau aja w cape tau cerita kehidupan w semendetail itu. Tetapi bercan dech? Ria : I agree. Because .. Lita : Jangan so inggris dech loe w nggak ngerti tau? Dani : Ia dech bener loe Ta, Ria nich belagu. Mentang-mentang les Dini : Ah kalau loe tuch emang blosnong? Wati : Udah-udah baru temenan udah ribur lagi pokoknya kita semua setujukan sama apa yang udah kita janjiin itu. Dini : Semuanya ... Lita,Ria,Dani: bersama-sama mengucapkan ”iya bu? (Rekaman lagu BUKAN BINTANG BIASA) SELESAI sumber : http://dinnyanggraini.blogspot.com



Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terjemahkan